Diskusi LP2B dengan Kementan RI

Pada tahun ini, PSP3 LPPM-IPB mendapat kepercayaan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (d/h BPN) untuk melakukan studi tentang pengembangan Sistem Informasi Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (SI-LP2B) sebagai antisipasi pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2012 tentang Sistem Informasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Diskusi SI-LP2B dengan Kementan RI
Diskusi SI-LP2B dengan Kementan RI

Pelatihan Tailor Made Software

Salah satu kegiatan Bantuan Stimulan Pengembangan Potensi Sumberdaya Pariwisata di Daerah Tertinggal Tahun 2014 atas kerjasama Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dengan PSP3 LPPM-IPB adalah pengembangan program komputer (Tailor-Made Software) yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi mencakup 4 produk, yaitu (1) program komputer tailor made untuk pemetaan lokasi wisata, (2) program komputer tailor made untuk promosi wisata, (3) program komputer tailor made untuk community development, dan (4) program komputer tailor made untuk front end pariwisata di daerah tertinggal.

Renungan Akhir Tahun 2014

PSP3 LPPM-IPB telah menyelenggarakan diskusi akhir tahun dengan tajuk “Renungan 2014 dan Langkah Tahun 2015, Ristek dan Dikti untuk Desa Membangun Perdesaan: Transformasi Pengelolaan Pembangunan dari Sektoral ke Kawasan” pada Selasa, 30 Desember 2014 bertempat di Ruang Sidang PSP3 LPPM-IPB. Acara dihadiri oleh beberapa tokoh antara lain Prof.Dr.Ir. Yonny Koesmaryono (Wakil Rektor IPB), Dr.Ir. Lala M. Kolopaking (Kepala PSP3), Prof.Dr.Ir. Eryatno, M.Sc, Prof.Dr. Gunawan Supardi, Dr. Sofyan Sjaf, dan lain-lain.

Pelatihan Audio Visual di Kabupaten Raja Ampat

Dalam rangka kegiatan “Bantuan Stimulan Pengembangan Potensi Sumberdaya Pariwisata di Daerah Tertinggal pada Tahun 2014” di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, telah dilakukan pelatihan Audio Visual bagi Komunitas Informasi Pariwisata (KiTA) di Kabupaten Raja Ampat. Pelatihan audio visual dilakukan oleh tim audio visual dibantu oleh pendamping. Peserta pelatihan terdiri dari anggota KiTA, komunitas fotografi dan masyarakat peminat bidang fotografi. Tempat pelatihan disediakan oleh pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat (Aula Disbupar).

Kawasan Wisata Pertanian Organik dan Kehutanan Berbasis Ternak Sapi Rakyat

Lima Desa di Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri, mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) yang berkerjasama dengan Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB. Pelatihan ini bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat dari membangun desa untuk membangun sebuah kawasan.