Memacu Pembangunan Kawasan Perdesaan

Narasumber Workshop Penataan Ruang Pembagunan Kawasan Perdesaan
Narasumber Workshop Penataan Ruang Pembagunan Kawasan Perdesaan

Dalam rangka melaksanakan Pembangunan Kawasan Perdesaan sebagaimana amanat UU No. 6 Tahun 2014 dan PP No. 43 Tahun 2014 tentang Desa secara sinergis, terpadu dan berkelanjutan, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) Kemendagri RI melaksanakan kegiatan  Workshop Penataan Ruang Kawasan Perdesaan Berbasis Masyarakat, hari Senin-Kamis, 10-13 November 2014 di The Media Hotel & Tower-Jakarta.

Mamasa Belajar Mengembangkan Kawasan

PSP3 IPB memfasilitasi kegiatan di Kawasan Agropolitan Cianjur
Kegiatan Studi Banding di Kawasan Agropolitan Cianjur

Berkunjung ke Cipanas ternyata tidak hanya melihat keindahan Istananya. Jika kita menuju ke arah kaki gunung Gede dan Pangrango dari Istana, disana terlihat hamparan lahan pertanian sayuran yang begitu luas sebagai mata pencaharian utama warga sekitar, tepatnya di Kecamatan Cipanas dan Pacet. Kedua wilayah ini menjadi fokus perhatian bagi pemerintah kabupaten Cianjur untuk dikembangkan menjadi Kawasan Agropolitan berbasis kesamaan ekologi, mata pencaharian dan sosial budaya warga setempat.

Merajut Aksi, Menggapai Impian

“Adanya BUMDesa diharapkan mampu membantu penghasilan masyarakat kawasan dan dapat  meratakan perekonomian masyarakat sekitar.” Itulah pernyataan Ketut Artana, ketua TPK PKPBM Kabupaten Buleleng di akhir film yang berjudul Kawasan Pengembangan Agroekowisata melalui Konservasi Hutan yang diputar pada saat Rakornas PKPBM yang dilaksanakan oleh Subdit PKP, Dit. KPM, Ditjen PMD-Kemendagri (25/9) yang lalu.

Tak Ada Kedaulatan Tanpa Kemakmuran

Kepala PSP3-IPB Dr. Ir. Lala M. Kolopaking , MS saat presentasi di Rakornas PKPBM 2014
Kepala PSP3-IPB Dr. Ir. Lala M. Kolopaking , MS
saat presentasi di Rakornas PKPBM 2014

Di masa mendatang, pengembangan kawasan perdesaan harus dikelola dnegan lebih baik. Demi membangun basis data yang kuat, warga desa bisa menggunakan berbagai perangkat teknologi inklusif, salah satunya adalah teknologi drone atau pesawat tanpa awak.

Kepala Pusat Studi Pembangunan, Pertanian, dan Pedesaan (PSP3) Dr. Ir, Lala M. Kolopaking, MS menyampaikan gagasan itu di hadapan beberapa perwakilan pemerintah daerah di Hotel Aston, Cengkareng, Rabu (24/9). Ia mengatakan, bahwa teknologi drone bisa digunakan untuk memetakan kondisi ekologis, vegetasi tanaman, serta bisa membantu penyusunan perencanaan partisipatif di tingkat desa.

PSP3 Rancang Buku tentang PKPBM

Merawat Kawasan, Merawat Harapan
Merawat Kawasan, Merawat Harapan

DEMI merekam pengalaman selama mengawal program Pengembangan Kawasan Pedesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM), Pusat Studi Pembangunan, Pertanian, dan Pedesaan (PSP3) Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menerbitkan buku berjudul Merawat Kawasan, Merawat Harapan. Buku ini berisikan summary PKPBM, inspirasi, pembelajaran, serta tantangan yang dihadapi di masa mendatang.

Pesan dari Kupang

peserta PKPBM Kupang
Diskusi Kelompok Peserta PKPBM Kab. Kupang

Ketika kita mengunjungi dataran di sekitar ibukota NTT, terkesan wilayahnya sangat panas dengan terik matahari yang cukup menyengat ketika sinarnya hingga di tubuh kita. Pemandangan di sekeliling jalan raya terdapat rerumputan yang kering di atas tanah yang bercampur bebatuan karang yang keras dan kokoh itu. Namun, dalam kondisi iklim yang demikian panas, pohon-pohon rindang masih bisa memberikan kesejukan bagi orang bernaung dibawahnya, ditambah angin yang berhembus dari pantai di sekitar kota.

Pohuwato Memasuki Tahun Ke Dua

Kabupaten Pohuwato merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Boalemo, di kabupaten tersebut diadakan Fasilitasi dan Pengembangan Pusat Pertumbuhan Terpadu Antar Desa (PPTAD) dalam rangka Pembangunan Kawasan Pedesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM) yang memasuki tahun ke dua, tepatnya di Kecamatan Taluditi dan dihadiri oleh perwakilan aparatur desa dari Desa Panca Karsa I, Desa Panca Karsa II, Desa Kalimas, Desa Tirto Asri, dan Desa Puncak Jaya. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Jenderal PMD-Kementerian Dalam Negeri RI dengan PSP3 Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari 2014 bertempat di Hotel Golden Sri Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.